Juara dunia karate beri pembekalan

Tuesday, 30 December 2008 09:00 WIB

Gashuku Sabuk Hitam KKI

YUSLAN KISRA WASPADA ONLINE

PANGANDARAN – 315 karateka sabuk hitam KKI (Kushinryu M Karatedo Indonesia) binaaan Cabang Kopo Bandung, Jawa Barat, mendapat pelatihan khusus dari juara dunia karate lima kali berturut-turut asal Jepang, Sawanori Matsuzaki, dalam Gashuku Sabuk Hitam KKI di Pantai Pangandaran, Ciamis, Jabar, 26-28 Desember.

Dalam kesempatan tersebut, Sawanori yang juga putra bungsu Presiden Kushin Ryu Soke Horyu Matsuzaki itu, memberikan pembekalan teknik-teknik kumite dan Jujitsu Kushin Ryu serta pemahaman menyeluruh mengenai spirit bushido yang harus tertanam dan dipegang teguh pelatih maupun atlet. “Aliran Kushin Ryu memiliki teknik beladiri yang sudah ada sejak 500 tahun lalu. Teknik-teknik ini harus mutlak dikuasai seorang Kushin Ryu. Di mana teknik tersebut tak bisa diubah-ubah karena sudah teruji para pendiri sejak ratusan tahun.

Inilah keunggulan aliran karate Kushin Ryu dengan karate lainnya,” ujarnya di hadapan ratusan peserta Gashuku. Gashuku ini sendiri digelar Dojo Kopo dengan tuan rumah Pengcab KKI Ciamis. Para sabuk hitam binaan dojo Kopo yang hadir, tersebar di sejumlah wilayah di Jabar, antara lain Dojo Ciamis, Pupuk Kujang, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Pangalengan, Arhanudri, Sanggar Indah, Purwakarta, Bekasi, Bogor dan Depok. Menurut Sawanori, kegiatan Gashuku ini sudah seharusnya menjadi kegiatan rutin dojo-dojo lainnya di Jabar. “Paling bagus dilakukan setiap tiga bulan sekali. Biar semua anggota bisa kompak,” katanya. Bagi para karateka sabuk hitam, kehadiran Sawanori menjadi momen yang luar biasa. Mengingat inilah pertama kalinya, Sawanori memberikan pelatihan kepada anggota KKI dalam sebuah kegiatan Gashuku sekaligus yang pertama di Indonesia.

Rencananya, tahun depan seusai menyelesaikan kuliahnya di Bandung, Sawanori akan kembali ke Jepang untuk mempersiapkan diri menjadi pewaris aliran Kushin Ryu. Ketua Umum Pengcab Ciamis Drs H Akasah MBA menyambut baik diadakan Gashuku di wilayahnya. Menurutnya, kehadiran Sawanori diharapkan memberikan semangat baru dalam pengembangan KKI di Ciamis pada masa yang akan datang.

Hal senada dikatakan mantan Ketua Dewan Guru KKI yang juga salah satu pendiri Dojo Kopo, Sofyan Hamballi. “Ini kesempatan baik menggali ilmu beladiri karate dari Sensei Sawanori, apalagi beliau pewaris ilmu beladiri Kushin Ryu,” jelasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s